WILUJENG SUMPING di blog Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Karanglewas. Semoga bermanfaat...Kang Sae

LDK MTs Babakan

LDK MTs Babakan
Latihan Dasar Kepemimpinan yang diadakan oleh MTs Ma’arif NU I Karanglewas dari hari Kamis hingga Jum’at tanggal 15-18 Desember 2011, melibatkan semua organisasi yang ada di sekolah tersebut. Dari OSIS, Pramuka, PMR dan Ipnu-Ippnu, berkumpul dan diberikan materi-materi dari pemrasaran.
Sebanyak 56 anak mengikuti kegiatan LDK, untuk materi semua diberikan oleh pihak sekolah kecuali pada hari sabtu, tanggal 18 Desember 2011, Kegiatan di serahkan kepada alumnus untuk pelaksanaan halang rintang dan lain-lain. Hanya dari pihak sekolah berpesan bahwa kegiatan haling rintang ini dititik beratkan pada permainan yang mengacu pikiran kordinasi dan kerjasama.
Seperti kata Bpk. Soderi selaku Waka Kesiswaan menerangkan” kegiatan ini diharapkan dapat memicu kerja sama antar pengurus didalam menjalankan organisasi…dan untuk yang kelas III/IX untuk pengkaderan dalam arti bila mana alumnus nanti sulit berpartisipasi di kegiatan MTs karena terhalang pekerjaan ataupun yang lain, kami mempunyai alumnus yang mungkin bisa menyempatkan waktunya.
 Permainan yang diadakan pada LDK MTs Babakan kebanyakan kami temui bukan di Pramuka sehingga asing bagi semua peserta, sesuai permintaan dari Waka kesiswaan “buat yang beda yang belum dialami oleh peserta”. Permainan tersebut antara lain : transfer orang, egrang tunggal, membuat gunung, membuat lingkaran, jembatan sambung, ember beracun, pindah ranjau, pindah bola, lewti lorong dan pipa bocor dibarengi berayun dan merayap tanah. Persiapan mulai dari peralatan yang dibutuhkan dan rute yang akan dilalui di kerjakan pada hari jum’at bersama-sama Kak Saeful, Kak Aji dan Kak Aris Munandar, serta dewan guru Bpk Syukur dan Bpk Soderi.
Pada saat pelaksanaan kami dibantu dari alumnus Kak Miftah, Kak Nurudin, Kak Kholisin, Kak Udin, Kak Desi dan anggota DKR Kak Ngasif dan Kak Ifa. Setelah di bentuk dan pembagian POS  kami mulai kegiatan dengan waka kesiswaan melepas keberangkatan sebagai formalitas pihak sekolah, awalnya kami ingin kepala Sekolah yang melepas namun dikarenakan kegiatan ini berbenturan dengan pembagian raport siswa sehingga Bpk. Sodik selaku kepala sekolah tidak bisa hadir untuk melepas peserta kegiatan ini.
            Permainan yang dilakukan pertama-tamanya sulit untuk dilalui, karena semua permainan perlu pemikiran, konsentrasi, kordinasi, komunikasi dan kerja sama para peserta, terlebih lagi pada saat di POS pindah bola, yang masing masing anak hanya diberikan satu pipa untuk memindahka bola tersebut. Aturan main sederhana sekali, peserta memindah bola dari tempat A ke tempat B menggunakan pipa dan peserta tidak boleh memegang bola hanya boleh memegang ujung pipa saja.
Biasanya setiap POS diberi waktu sekitar 10 menit, namun di pos ini bisa membutuhkan 30 menit untuk menyelesaikan.    “Kordinator POSe emaan….ora pelit waktu,  ngonoh suwe sing penting rampung”.
Rencananya kami akan diundang kembali pada saat MOSIBA MTs dengan membawakan permainan yang baru. red