WILUJENG SUMPING di blog Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Karanglewas. Semoga bermanfaat...Kang Sae

Pesan BP

Pramuka-Pramuka yang tercinta….
Jika kamu pernah melihat sandiwara peterpan
Maka kamu akan ingat, mengapa para pemimpin bajak laut selalu membuat pesan-pesan terakhir sebelum meninggal.
Karena ia takut kalau-kalau ia tak akan sempat lagi mengeluarkan isi hatiya jika saat ia menutup mata telah tiba.
Demikian halnya dengan diriku meskipu saat ini aku belum meninggal, namun saat itu akan datang juga bagiku.
Oleh karena itu, aku ingin menympaikan kepadamu sekedar tanda perpisahan untuk minta diri.
Ingatlah, ini adalah pesan yang terakhir bagimu, oleh karena itu renungkanah.
Hidupku sangat bahagia dan harapanku mudah-mudahan kalian masing-masing juga mengenyam kebahagiaan dalam kehidupan seperti aku.
Saya yakin bahwa Tuhan menciptakan kita dalam dunia yang bahagia ini untuk hidup berbahagia dan bergenbira.
Kebahagiaan tidak timbul dari kekayaan , juga tidak dai jabatan yang menguntungkan ataupun dari kesenangan bagi diri sendiri.
Jalan menuju kebahagiaan adalah membuat dirimu lahir & batin, sehat & kuat pada waktu kamu  masih anak-anak. Sehingga kamu dapat berguna bagi sesamamu & dapat menikmati hidup jika kamu kelak dewasa.
Usaha menyelidiki alam akan menimbulkan kesadaran  dalam dirimu betapa banyaknya keindahan & keajaiban yang diciptakan Tuhan di dunia ini. Supaya kamu dapat menikmatinya.
Lebih baik melihat kebahagusan-kebagusan pada suatu hal daripada mencari kejelekan-kejelekannya.
Jalan nyata yang menuju kebahagiaan adalah membahagiakan orang lain. Berusahalah agar kamu meninggalkan dunia ini yang lebih baik daripada daripada tatkala kamu tiba didalamnya.
Dan tiba-tiba giliranmu untuk meninggal dengan puas, karena kamu tidk menyia-nyiakan waktumu, akan tetapi kamu tidak mempergunakannya dengan sebaik-baiknya, bersedialah untuk hidup & meninggal dengan bahagia.
Masukkanlah paham ini senantiasa dalam janji pramukamu, meskipun kamu bukan kanak-kanak lagi & Tuhan akan berkenan mengaruniani pertolongan kepadamu dalam usahamu.

Temanmu,

Lord Baden Powell of Gilwell